Pelajaran Dari Kamu

"Kring... kring.."

Dering alarm seketika membangunkan gue dari mimpi indah malam itu, mimpi gue lagi dinner bareng marsha aruan. Duh~

Gue harus mengucek mata dan menguap beberapa kali karena masih ngantuk, karena malam nya gue begadang. Saat mau beranjak dari kasur, tiba-tiba gue teringat janji sama seseorang yang udah gue buat kemarin malam. Janji untuk ketemuan sama seseorang di parkiran kampus sebelum kuliah jam setengah 10 pagi. Waktu gue buka hape dan liat jam, ternyata saat itu jam sudah menunjukan angka 8:45 am. Gue yang panik langsung bergegas ngambil handuk dan buru-buru masuk kamar mandi. Apalagi jarak gue ke kampus membutuhkan waktu lebih dari 30 menit. Dalam hati gue membatin, "Ah! Telat lagi deh gue!"

Setelah semuanya selesai, tanpa sempat sarapan, gue langsung nyalain motor dan buru-buru tancap gas. Iya, gue harus ngebut biar gak telat sampe kampus. Karena setiap gue janjian, pasti selalu gue yang telat. Makanya di hari itu apapun yang terjadi, gue gak boleh telat.

Tapi hari itu...

Iya, gue telat lagi.

Sesampainya di parkiran kampus, dari kejauhan gue ngeliat dia lagi duduk sendirian di depan lobby sambil melihat hp nya. Memakai baju dan hijab warna merah cerah nya, cantik tapi gak bisa dimiliki.

Dengan rasa bersalah, gue langsung menghampiri nya,
"Hai. Maaf, ya. Udah lama ?"

Dengan ekspresi tenang, dia menjawab,
"Enggak, kok."

Tapi jawaban dia tetep aja aja bikin gue malu. Karena setiap janjian, pasti gue yang bikin dia nunggu. Bodohnya sebagai cowok, gue gak pernah bisa tepat waktu :(

Dan di pagi yang cerah itu, kita melakukan obrolan serius, dan berusaha akan selalu ngomong apa adanya.

"Aku mau cerita, deh. Cerita dari pertama kali kita ketemu..", ucap gue untuk mengawali obrolan ini.

"Mau cerita dari awal ? Yaudah aku dengerin..", jawab dia menyambut dengan baik.

Selama cerita berlangsung, gue sambil mengingat-ingat kejadian-kejadian yang pernah gue alami sama dia di waktu yang dulu-dulu. Kejadian yang masih teringat jelas. Kejadian yang gak akan dilupain. Kejadian yang menurut gue berharga. Kejadian yang....

Ah, mari flashback.

Akhir semester 1, di kampus ekonomi islam swasta di kawasan ciputat.

Dosen mata kuliah akidah akhlak mengumumkan bahwa akan ada tugas kelompok yang dipresentasi tiap minggunya, dan anggota kelompoknya ditentukan oleh pak dosen nya sendiri. Iya, mungkin tujuannya untuk lebih mengakrabkan semua mahasiswa-mahasiswi di kelas itu. Bagus sih, karena di awal masuk kuliah emang belum pada saling kenal.

Pembagian kelompok pun dimulai.

Gue masuk di dalam kelompok yang isinya cewek semua, cuma gue yang cowok. Sebenarnya gue adalah tipe orang yang susah bergaul, apalagi sama lawan jenis. Kalo sama cowok dan baru kenal, biasanya gue suka ngomongin bola biar nyambung. Nah kalo sama cewek dan baru kenal, gue harus ngomongin apa ? Gak mungkin kalo gue ikutan bahas boyband Korea.

Tapi ditengah kekhawatiran itu, ada satu cewek yang sifatnya juga pendiem. Sambil mengetik di laptopnya, dia hanya tertawa kecil dan tersenyum setiap ada temannya yang ngelucu. Anggun sekali. Dan saat gue beraniin diri buat ngajak ngobrol, entah kenapa obrolan gue sama dia bisa nyambung. Dia bisa dengan terbukanya menceritakan dunia nya ke gue, orang yang baru dikenalnya. Saat gue pinjem laptopnya, gue nemuin satu fakta yang gak gue sangka, ternyata dia suka main game sepak bola, pes, di laptopnya. Klub favoritnya yaitu Arsenal. Ah, bagi gue itu lucu. Selain sifatnya yang ramah, anggun, dan open-minded, dia juga punya sisi tomboy yang gak pernah gue sangka. Tapi semua hal itu, malah membuat gue kagum di obrolan pertama.

Dan mulai hari itu, gue tertarik untuk kenal dia lebih dekat.

Dia nawarin copy-an file pes nya ke gue. Karena kebetulan komputer gue juga belum ada game sepakbola nya, akhirnya gue meng-iya-kan tawarannya. Dan karena keputusan itu, gue juga jadi bisa deket dan ngobrolin apa aja yang pengen gue tau tentang dunia nya.

Semenjak hari itu, perasaan gue sedikit mulai beda.

Entah. Apakah gue mulai suka, atau cuma penasaran ?

Gue gak mau terburu-buru memang. Karena untuk mengetahui perasaan yang sebenarnya, sebaiknya kita menunggu sampai waktunya tiba. Kadang kita hanya terjebak pada rasa penasaran dan ingin memiliki, bukan rasa yang sesungguhnya.

Hari demi hari pun berlalu, perasaan gue pun juga semakin aneh. Ada yang kurang rasanya kalo sehari itu gue gak ngechat dia. Dan gue, juga coba memberanikan diri nawarin dia untuk pulang bareng. Gue gak tega ngeliat dia naik angkot tiap pulang kampus di siang hari. Udaranya panas, rumahnya jauh, dan harus naik-turun angkot yang berbeda untuk sampai ke rumahnya. Hal itu ngebuat gue coba memberanikan diri untuk nawarin dia pulang bareng. Meskipun gue tau, dia bukan tipe cewek yang gampang ngeluh.

Gue jadi inget satu kalimatnya,
"Semua harus kita jalanin. Yang penting itu ikhlas. Karena dengan ikhlas, semuanya akan terasa ringan.."

Iya, kalimat itu bikin gue paham, selama kita gak mudah ngeluh, Allah swt pasti akan selalu ngasih kemudahanNya.

Gue semakin kagum sama sifatnya. Menurut gue, dia adalah cewek yang pemikirannya udah dewasa. Beda sama gue, yang pemikirannya masih bocah.

Setelah kelompok akidah akhlak berakhir, gue kira gak akan bisa deket lagi. Tapi nyatanya, kita malah jadi semakin deket. Meskipun cuma lewat bbm, tapi gue bisa ngerasa kalo kita mulai akrab. Entah mungkin perasaan gue doang, tapi mulai saat itu, gue mulai ngerasa nyaman tiap ngobrol sama dia. Selalu ada perasaan gak mau pisah. Perasaan yang gak bisa gue rasain kalo ngobrol sama cewek lain.

Lucu emang. Gue termasuk tipe orang yang susah buat suka sama cewek. Tapi entah pas ketemu sama dia, baru obrolan pertama aja gue langsung suka. Meskipun berulang kali menyangkal, tapi perasaan tetep gak bisa bohong. Gue suka sama dia. Hmm bukan suka, tapi nyaman. Karena nyaman datang tanpa alasan, beda sama suka.

Bahkan, waktu gue ikut diklat organisasi musik yang prosesnya lumayan keras pun. Disaat gue lagi jalanin proses diklat itu, pikiran gue malah ke dia. Gue ngebayangin kalo dia juga ikut diklat dan dilatih fisik kayak gini. Pasti gue gak bakal tega ngebiarin dia digituin. Ngebayangin nya aja udah sakit. Aneh.

Disaat hari ulang tahunnya pun, gue sempet merencanakan untuk beliin boneka kesukaannya, keroppi. Sempat nanya ke tukang boneka nya, tapi pas di hari H, gue malah takut buat ngasih boneka nya. Iya, sialnya mental gue masih terlalu lemah buat deketin cewek se-istimewa dia. Heh.

Setelah berbulan-bulan dekat, akhirnya gue bisa nganterin dia pulang sampe rumahnya, ketemu dan ngobrol sama orang tua nya, nganterin pesanan dia ke rumahnya, dan apapun yang pernah gue usahakan untuknya, semuanya sangat berkesan.

Hingga akhirnya temen-temen gue bilang,

"Fif, gak capek ? Buruan ungkapin lah!"

Ah, tapi kata-kata itu malah bikin pikiran gue jadi kacau. Semua itu karena gue tau kalo dia punya komitmen yang kuat, bahwa dia gak akan mau pacaran dan tetap fokus untuk masa depannya. Jadi, "untuk apa diungkapin kalo hanya untuk sakit hati ?" Pikir gue.

Iya, gue takut kalo semuanya gak bisa seindah sekarang, jika seandainya gue berani ngungkapin.

Banyak orang yang hanya karena cintanya kandas, mereka memilih menjauh dan pura-pura gak kenal lagi. Padahal, cinta yang kandas bukanlah pengakhir hubungan, melainkan pengawal hubungan yang lebih baik bersama orang baru. Karena kita lebih banyak belajar dari kegagalan, bukan keberhasilan.

Gue bisa ngomong gitu, sampe akhirnya gue ngerasain sendiri.

Gue beraniin diri buat ngomong,
"Aku nyaman sama kamu. Aku gak bisa ngerasain di cewek lain."

Pikiran gue saat itu memang bukan untuk pacaran. Karena gue tau, dia gak akan mau pacaran karena komitmennya. Tapi yang gue mau, dia tau perasaan gue selama ini. Dan gue gak mau jadi cowok pengecut, yang harus memendam perasaan lebih lama lagi. Karena cowok harus bisa ngasih kepastian.

Memang cinta tak harus memiliki, tapi setidaknya mengakui.

Dan benar aja, jawaban dia adalah,
"Maaf, ya. Maafin aku karena belum ada niatan pacaran sama sekali untuk sekarang ini. Aku punya komitmen yang harus aku jaga. Nanti pasti ada saatnya aku mulai mikirin pacaran. Maaf ya.."

Iya, kata-kata yang udah gue yakini bakal keluar, sialnya tetep terdengar nyesek saat itu. Bukan gue kecewa, gue cuma takut sama hal yang bakal terjadi nantinya. Gue takut gak bisa senyaman ini sama cewek lain. Karena selama kurang lebih setahun gue deket, gue gak bisa ngerasain rasa nyaman sama sekali di cewek lain, meskipun gue udah mencobanya. Memang, cinta itu dateng sendiri, gak bisa dipaksa.

Gue yakin, kalau pun dia bukan jodoh gue, hal yang gue rasain ke dia sekarang, pasti bakal ada lagi untuk cewek lain diluar sana. Selama Allah swt menghendaki itu, ya pastilah terjadi. Semua hanya masalah waktu. Insyallah.

Obrolan di pertemuan sebelum kuliah itu gue anggap sebagai pertemuan terakhir. Karena gue gak mau rasa nyaman ini makin ada kalo nantinya akan ada pertemuan lagi. Setidaknya, cerita ini selesai dengan baik-baik, tanpa ada rasa gak enak dan penasaran lagi.

Setelah itu, untuk menghilangkan rasa nyaman ke dia yang semakin dalam, gue memilih buat ngelupain dia dan menjauh untuk sementara. Gue gak mau ngerasa sakit tiap ngeliat dia. Gue juga gak mau terus berharap. Mulai saat ini, gue mulai belajar buat ngebuka hati lagi untuk orang lain. Semua dimulai dari awal lagi, meskipun secara bertahap.

Hari-hari yang gue lewati sekarang pun tanpa chat dari dia. Gue udah gak tau dia lagi ngapain, dimana, dan sebagainya. Ada hari dimana gue pengen tanyain semua itu, tapi gue teringat keinginan gue, yang mulai sekarang harus mampu menghilangkan rasa nyaman darinya. Meskipun sulit, tapi mungkin ini cuma terasa diawal. Memang, menghilangkan perasaan itu sulit, tapi menghilangkan kebiasaan jauh lebih sulit. Dan gue, harus terbiasa jalani hidup yang baru, tanpa kebiasaan yang dulu, dan tanpa dia.

Gue beruntung pernah deket sama dia. Dari dia, gue banyak belajar tentang sudut pandang kehidupan. Banyak kata-kata nya yang sampe sekarang selalu gue inget. Dan gue, mungkin gak semestinya menjauh hanya karena ego gue untuk menghilangkan rasa nyaman. Mungkin.

Gue setuju sama apa yang dibilang MLTR di salah satu lagunya, "love is one big illusion, as you try to forget. Cinta adalah ilusi yang besar ketika kau berusaha melupakannya." Iya, di masa-masa ngelupain dia. Gue malah masih suka inget yang lalu setiap ada kata atau apapun yang gak sengaja bikin gue inget.

Iya, seharusnya move on itu mengikhlaskan, bukan melupakan.

Pemikiran itu membuat gue sadar, bahwa keputusan gue kemarin itu datangnya dari ego, bukan hati. Mungkin gue terlalu egois karena hanya memikirkan hati gue, tanpa peduli dia juga lagi berusaha buat jaga komitmennya, sehingga gak mau pacaran. Dan gue harusnya mendukung, bukannya menjauhi. Iya, harusnya gue bisa mengerti.

Dari dia gue belajar,

Komitmen itu yang utama. Selama kita punya komitmen, artinya kita punya tanggung jawab. Jangan hanya karena ego, komitmen yang kita bangun jadi rusak. Fokuslah pada apa yang jadi tujuan kita, bukan apa yang digunjingkan orang terhadap kita.

Dulu, gue bilang bakal berusaha ngilangin rasa nyaman ke dia dengan cara menjauh untuk sementara. Tapi nyatanya, hati gue menolak. Gue sadar kalo itu kata ego gue, bukan hati. Karena hati gue berkata,

"Aku memilih untuk tidak berusaha menghilangkan rasa nyaman, tapi aku memilih untuk berusaha menghilangkan ego untuk milikin kamu."

Comments

Post a Comment